Perancangan Technology Architectureuntuk Fungsi Akademik Pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (ipdn) Menggunakan Framework Togaf Adm Studi Kasus Sistem Informasi Akademik (siakad)

Fadly Muhammad, Murahartawaty Murahartawaty, Ridha Hanafi

Abstract

Abstrak

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) dalam sebuah perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan bisnis. Dalam merancang sistem, sebaiknya dilihat dari berbagai sudut pandang terutama sudut pandang pengembang sistem, yang dimulai dari mendefinisikan arsitektur bisnis, arsitektur data, asrsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi yang akan dibangun.

Institut XYZ telah menggunakan sistem informasi sebagai penunjang kegiatan organisasi, yaitu Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang digunakan sebagai sarana penunjang dalam meningkatkan pelayanan akademik. Sistem informasi yang diharapkan adalah sebuah sistem yang memiliki kesesuaian dengan kebutuhan organisasi dan dapat menyelaraskan strategi bisnis dan TI pada Institut XYZ.

Khususnya dalam bidang teknologi, permasalahan yang ada ialah kurangnya pengontrolan keamanan terhadap jaringan, tidak adanya pemisahan server, serta tidak adanya back-up jaringan. Sesuai dengan permasalahan yang terjadi maka Institut XYZ seharusnya memiliki Enterprise Architecture. Analisis dan perancangan enterprise architecture menggunakan framework TOGAF ADM. Penggunaan TOGAF ADM dalam melakukan analisis dan perancangan ini karena ADM bersifat fleksibel, iteratif, dan detail.

Perancangan Technology Architecture di Institut XYZ ini menghasilkan blueprint technology architecture yang dapat digunakan sebagai acuan atau dasar dalam pengembangan teknologi sesuai dengan kebutuhan bisnis. Diharapkan juga dapat mengantisipasi permasalahan yang terjadi dan menjadi solusi dari seluruh masalah yang terjadi.

Kata Kunci : Enterprise Architecture, TOGAF ADM, Technology Architecture, SIAKAD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0