Analisis Dan Perancangan Aplikasi Personal File Modul E-learning Pada Telkom Pcc Dengan Metode Iterative Dan Incremental

Irvan Gunawan, Yuli Adam Prasetyo, Irfan Darmawan

Abstract

Abstraksi— Pelatihan di butuhkan oleh setiap orang untuk meningkatkan kualitas dari kompetensi dan pengetahuan setiap orang. Hal ini juga di jelaskan dalam pasal 26 ayat 5 Undang-Undang no. 20 tahun 2003 yang membahas tentang Sistem Pendidikan Nasional. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada, pelatihan dapat menjadi solusi yang tepat unutk meningkatkan kualiats sumber daya manusia di Indonesia. Telkom PCC merupakan salah satu lembaga yang menyediakan wadah unutk melaksanakan kegiatan pelatihan. Dalam kegiatan pelatihan terdapat proses belajar mengajar. Namun bagaimana proses belajar dapat tetap terjalan apabila jarak yang menjadi permasalahan. Solusinya adalah membangun aplikasi e-learning sebagai media pembelajaran jarak jauh..

Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini menggunkan metode iterative and incremental. Metode ini memiliki keunggulan dikarenakan terdapat proses pengulangan atau iterasi pada setiap prosesnya. Pengujian yang dilakukan menggunakan metode blackbock testing dan User Acceptance Test (UAT) yang memiliki empat skala dalam penilaian yaitu realibility, functionality, efficiency, attractiveness, dan personalization.

Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi e-learning yang akan dibangun untuk mendukung pelatihan di Telkom PCC. Rancangan aplikasi e-learning ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas dan performance kegiatan pelatihan yang ada di Telkom PCC. Aplikasi ini dapat diakses melalui media internet unutk memudahkan para pengguna dalam mengakses aplikasi ini. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan menambahkan nilai kepada pengguna.


Kata kunci: e-learning, pelatihan, Telkom PCC, iterative incremental

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0