Pengembangan Modul Ukm Web Portalcrowdfunding Dengan Metode Prototype Danframework Codeigniter

Harpandi Wibowo, Yuli Adam Prasetyo, Faisal Mufied Al-Anshary

Abstract

Abstrak
Usaha Kecil Menengah membutuhkan modal usaha untuk menunjung usaha yang dimiliki. Peminjaman dana melalui bank memiliki persayaratan yang sangat rumit. Informasi tentang investasi diperoleh dari mesin pencari atau sosial media. Namun informasi yang diperoleh belum terstruktur sehingga menyulitkan UKM dalam proses pemenuhan modal usaha. Hal ini dapat menjadi kendala dalam proses pemenuhan modal Usaha Kecil Menengah. Sehingga diperlukan web portal yang dapat membantu UKM dalam pemenuhan modal usaha.

Dalam penelitian ini dibangun aplikasi yang dapat membantu UKM untuk mendapatkan modal usaha. Peneliti menggunakan konsep crowdfunding dimana cara menggalang dana dari orang banyak. Portal website ini menerapakan metode prototype. Metode prototype mendapatkan interaksi antar pengembang dengan user secara langsung selama proses pembuatan sistem. Tahapan dari prototype dimulai dari listen to costumer, build/ revise mock-up dan costumer test drives mock-up. Analisis perancangan dari portal website ini menggunakan bahasa pemograman PHP dengan framework Codeigniter.

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah aplikasi web yang dapat mempermudah UKM untuk mendapatkan modal usaha. Investor berperan dalam hal pendanaan. UKM yang mendapatkan dana akan memberikan laporan secara lengkap sehingga terwujud pendanaan yang transparan.


Kata kunci : crowdfunding, UKM, Prototype, framework

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0