Pengujian Tingkat Komponen Dan Implementasi Pengujian Mutasi Pada Aplikasi Berbasis Web: Studi Kasus Aplikasi General Reporting Universitas Telkom

Muhammad Rifqi Thomi Faiz Hawari, Dana Sulistiyo Kusumo, Yanuar Firdaus

Abstract

Pengujian Tingkat Komponen memastikan komponen yang terdapat pada fungsionalitas aplikasi General Reporting pada Universitas Telkom bekerja sesuai dengan spesifikasi. Tingkat komponen pada aplikasi berbasis web merupakan gabungan dari fungsi yang memanipulasi konten, komputasi, pemrosesan data untuk disajikan kepada end-user [8]. Untuk mencapai pengujian yang adequate, maka dilakukan pengujian Mutasi. Pengujian Mutasi memiliki ukuran adequacy suatu pengujian dengan rasio antara program mutant terdeteksi dengan total mutant yang tertanam pada aplikasi uji, hal ini dapat meningkatkan efektifitas dalam menemukan defect pada kegiatan pengujian.

Fungsionalitas Add Komponen Judul, Edit Komponen Judul, dan Delete Komponen Judul pada Aplikasi General Reporting diuji dengan menggunakan Selenium IDE. Pada pengujian Tingkat Komponen ditemukan defect pada fitur Logout. Test Case yang diturunkan pada pengujian Tingkat Komponen tidak mendeteksi program mutant yang ditanam oleh penguji. Maka penambahan test case baru terjadi pada penelitian ini.

Kata kunci: pengujian tingkat komponen, adequacy, pengujian mutasi, program mutant

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :-1