Audit Keberlangsungan Layanan Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Berbasis Cobit 5 Dan National Institute Of Standards And Technology (nist)

Zyas Esa Anarki, Basuki Rahmat, M. Teguh Kurniawan

Abstract

Abstrak Untuk mengukur permasalahan dan tingkat keberhasilan perusahaan terhadap keberlangsungan layanan/Continuity Plan diperlukan sebuah penelitian audit keberlangsungan layanan yaitu menilai kesiapan perusahaan dalam menangani gangguan/bencana dan lebih siap menghadapi bencana/gangguan yang akan terjadi. Penelitian yang dilakukan yaitu menilai efektifitas terkait kontrol-kontrol Continuity Plan, yaitu keberadaan struktur organisasi Continuity Plan, penerapan Risk Assessment, penerapan Business Impact Analysis, penerapan kontrol preventif, penerapan lingkup prosedur backup dan recovery dimasing-masing bagian, Compliance Testing, dan Substantive Testing. Penelitian yang dilakukan menggunakan framework COBIT 5 dan INTOSAI.
Hasil penelitian audit keberlangsungan layanan pada Jasa Pengiriman berupa rekomendasi dari proses hasil penilian efektifitas kontrol pada Compliance testing dan Subtantive Testing yang disusun pada proses analisa temuan. Sehingga dari penelitian audit keberlangsungan tersebut bisa memberikan sebuah solusi agar kedepannya perusahaan bisa mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan dan kesiapan dalam pengelolaan yang di terapkan pada sebuah perusahaan dan lebih memahami tentang kebutuhan yang tertinggal dalam pencapaian visi dan misi perusahaan.
Kata Kunci : COBIT 5, INTOSAI, Audit Keberlangsungan Layangan, Continuity Plan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0