Penerapan Sistem Manufacturing Berbasis Openerp Dengan Metode Rapid Application Development(studi Kasus : Pt Genta Trikarya)

Fajrul Alfian, Ari Yanuar Ridwan, R. Wahjoe Witjaksono

Abstract

Abstrak PT Genta Trikarya merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi gitar dengan target pasar dalam maupun luar negeri. PT Genta Trikarya mengalami permasalahan-permasalahan terkait manufaktur seperti kesalahan dalam perhitungan dan pendataan kebutuhan produksi, pembuatan dan pendokumentasian alur proses manufaktur serta pengendalian proses manufaktur yang tidak terorganisir. Hal ini disebabkan sistem informasi yang berjalan pada PT Genta Trikarya belum terintegrasi dan terotomatisasi.

Maka dari itu, dilakukan pengembangan dan perancangan sebuah sistem informasi yang mampu mendukung kegiatan manajemen produksi pada PT Genta Trikarya. Pengembangan dan perancangan sistem ini menggunakan metode RAD (Rapid Application Development). Penulis melakukan analisis terhadap proses bisnis yang berjalan pada perusahaan. Berdasarkan analisis tersebut, kemudian penulis merancang proses bisnis usulan dan melakukan pengembangan terhadap aplikasi OpenERP khususnya modul Manufacturing sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selanjutnya sistem yang telah dirancang diuji oleh user untuk diterapkan pada perusahaan.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem manufacturing OpenERP yang telah disesuaikan dengan karakteristik, kondisi dan kebutuhan perusahaan yang dapat mempermudah perusahaan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan terkait kegiatan manufaktur pada PT Genta Trikarya.

Kata Kunci : Manufacturing, Raw Material, Open ERP, RAD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0