Implementasi Fuzzy Logic Control On Dc Car Motor Speed Control System For Child Car Based On Android

Lukas Christian, Porman Pangaribuan, Agung Surya Wibowo

Abstract

Mobil anak adalah mobil mainan yang dimodifikasi sehingga dapat dinaiki dan dikemudikan anak-anak dibawah 5 tahun. Pada awalnya mobil mainan anak diciptakan meniru konsep sepeda roda tiga, 1 roda di depan dan 2 roda di belakang. Penjualan dan pembaharuan pada mobil mainan anak perlahan mulai menjamur di toko- toko mainan anak, mulai dari semakin baiknya detail body mobil mainan anak, penambahan 1 roda didepan hingga dilengkapi dengan motor DC.

Pada tugas akhir kali ini, penulis menambahkan metode fuzzy logic control pada mobil anak yang dikendalikan dengan menggunakan Android. Sensor line tracking yang dipasang pada motor DC digunakan untuk monitoring data dari kecepatan putar. Fuzzy logic control digunakan untuk meminimalisir error dan mempersingkat waktu respon yang dibutuhkan motor DC agar kecepatan putar konstan saat mobil anak dinaiki dan dikemudikan anak-anak yang memiliki berat yang berbeda-beda sesuai dengan kecepatan yang diingikan terutama pada saat jalan lurus.

Pada tahap pengujiaan tanpa beban menggunakan sampling 0.5 detik didapatkan hasil, error ± 11.7%, settling time ± 24 detik. Hasil yang didapat dari pengujian mobil anak saat diberi beban menggunakan sampling 0.5 detik, error ± 11.74%, settling time ± 18 detik. Pada tahap pengujiaan tanpa beban menggunakan sampling 1.5 detik didapatkan hasil, error ± 7.88%, settling time ± 21 detik. Hasil pengujiaan mobil anak diberi beban menggunakan sampling 1.5 detik, error ± 3.68%, settling time ± 22.5 detik. Pada hasil pengujian ini dapat disimpulkan fuzzy logic control yang dirancang pada mobil anak mampu memperbaiki kecepatan putar sehingga mendekati atau sama dengan setpoint.

Kata Kunci : fuzzy logic control, line tracking, Android, motor DC

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0