Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Rsud Taman Husada Bontang Menggunakan Zachman Enterprise Architecture Framework

Zulfikar Al Azhari, Eko Darwiyanto, Gede Agung Ary Wisudiawan

Abstract

Abstrak Saat ini sistem informasi sudah memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Organisasi atau perusahaan yang menggunakan sistem informasi akan lebih mudah menjalankan aktivitas dan proses bisnisnya. Salah satu fasilitas yang dapat digunakan untuk mendukung dan mengelola sistem informasi agar berjalan secara maksimal adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Terdapat berbagai macam metode untuk melakukan perencanaan strategis sistem informasi pada sebuah enterprise atau perusahaan seperti Zachman, Togaf ADM, Dodaf, Feaf, dan lain-lain. Dan metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah zachman enterprise architecture framework.

Sesuai dengan semangat yang digunakan oleh para pegawai dan manajemen RSUD Taman Husada Bontang yaitu “Melayani Sepenuh Hatiâ€, kualitas pelayanan kepada pasien merupakan fokus yang paling utama. Dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan tersebut dibutuhkan perencanaan strategis sistem informasi yang tepat. Perencanaan strategis ini juga akan melalui tahap pengujian. Penilaian terhadap pengujian perencanaan sistem informasi dilakukan dengan menggunakan EA Score Card.

Hasil penelitian ini berupa dokumentasi penelitian yang berisikan usulan atau rekomendasi perencanaan strategis sistem informasi untuk RSUD Taman Husada Bontang.

Kata Kunci: Zachman, enterprises, architecture, framework, EA Score Card

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0