Pengembangan Aplikasi E-Crm Bojana Sari Menggunakan Metode Prototype

Authors

  • Mochamad Akif Telkom University
  • Yuli Adam Prasetyo Telkom University
  • Nia Ambarsari

Abstract

Dampak berkembangnya teknologi informasi di Indonesia mempengaruhi segala sesuatu kegiatan manusia. Pengaruh tersebut dalam kegiatan manusia salah satunya pada bidang bisnis. Perusahaan Bojana Sari yang bergerak dibidang catering pada saat ini belum menerapkan teknologi informasi pada bisnisnya. Bisnisnya masih sangat tradisional, segala transaksinya harus dilakukan dengan bertemu dengan pelanggan secara langsung. Hubungan dengan pelanggan hanya terbatas setelah melalukan transaksi dan event.

Pada penelitian ini dilakukan penerapan teknologi informasi pada Bojana Sari dengan membuat website. Dengan adanya website ini Bojana Sari telah menerapkan bisnisnya secara online. Cenderung bisnis secara online menimbulkan hampir tidak adanya interaksi antara penjual dan pembeli, maka diperlukan adanya E-CRM yang berfungsi untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Pada penelitian ini perlu diketahui seperti apakah aplikasi E-CRM yang sesuai dengan kebutuhan Bojana Sari yang bertujuan untuk meningkatkan hubungannya dengan pelanggan. Pengembangan aplikasi E-CRM dilakukan menggunakan metode prototype untuk mengetahui aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Bojana Sari.

Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi E-CRM yang mampu membantu Bojana Sari untuk mengelola hubungan dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan dan berujung pada peningkatan pendapatan dari Bojanasari.

Kata Kunci : CRM, E-CRM, Bojana Sari, pelanggan, admin, owner, staff, prototype

Downloads

Published

2015-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Sistem Informasi