Perancangan Order Management System Berbasis Web Application Pada Umkm Dengan Menggunakan Metode Waterfall

Yafshil Adipura, R. Wahjoe Witjaksono, Mardiyanto Wiyogo

Abstract

Sugoimasa adalah salah Usaha mikro dan kecil menengah yang bergerak di bidang kuliner dan memiki permasalahan pada pengelolaan pemesanan yang dinilai kurang efisien. Permasalahan tersebut akibat dari proses pengelolaan pesanan yang diterapkan selama ini memerlukan waktu yang lama dan proses pendokumentasian yang kurang baik.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi yang dapat mengakomodir seluruh aktivitas pengelolaan pesanan, seperti pembuatan pesanan, pemantauan status pesanan, pengelolaan dokumen, dan pelaporan. Sistem informasi yang dibangun adalah Order Management System (OMS). Berdasarkan pengertian, penjelasan fitur umum, dan peninjauan terhadap jurnal serta artikel yang membahas OMS, maka penulis memutuskan untuk menggunakan konsep OMS sebagai solusi yang menjawab permasalahan pada Sugoimasa.

Pada penelitian ini penulis mengembangkan OMS dengan menggunakan metode Waterfall. Dari metode ini, terdapat tahap-tahap yang dilalui dalam sistematika penelitian yaitu dimulai dari tahap requirement analysis, design, coding, testing dan implementation.

Kata Kunci : Order Management System, Metode Waterfal, Laravel Framework.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0