Struktur Organisasi dan Prosedur Continuity Planning pada Layanan Akademik Telkom University

Chrishya Buti Pama, Basuki Rahmat, Umar Yunan Kurnia Septo Hediyanto

Abstract

Di era globalisasi yang modern ini, teknologi informasi yang berkembang dengan pesatnya membuat perusahan semakin bergantung dengan keberadaannya. Penggunaan teknologi informasi ini dinilai efektif dan efisien, terutama ketika menghadapi gangguan/bencana sehingga dapat meminimalisasi kerugian yang akan dihadapi oleh perusahaan. Penanganan bencana dengan menggunakan teknologi informasi ini dituangkan ke dalam continuity plan berupa langkah-langkah atau prosedur.

Pengimplementasian continuity plan ini melibatkan tim penyelamat untuk mengamankan hal-hal yang dinilai penting, seperti perangkat keras, perangkat lunak, data dan informasi yang dimiliki oleh perusaahan. Perusahaan perlu memiliki struktur organisasi yang tepat dalam penerapan continuity plan. Meskipun, perusahaan telah memiliki struktur organisasi untuk divisi teknologi informasi, perusahaan tetap harus menyediakan organisasi/tim yang berperan dalam pelaksanaan continuity plan.

Paper ini memberikan rekomendasi struktur organisasi, tugas dan tanggung jawab, serta prosedur untuk Direktorat Sistem Informasi Telkom University dalam penerapan continutiy plan. Alternatif struktur organisasi juga akan dibahas pada paper ini. Kata Kunci—Bencana; Continuity Planning; Struktur Organisasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0