Perancangan Teknik Digital Audio Watermarking Berbasis Metode Discrete Wavelet Transform (dwt) Dan Discrete Cosine Transform (dct) Dengan Menggunakan Quantization Index Modulation (qim)

Authors

  • M Fauzan Rindra P Telkom University
  • Gelar Budiman Telkom University
  • I Nyoman Apraz Ramatryana Telkom University

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi informasi terutama pada internet dan multimedia, pengiriman dan penyebaran media digital menjadi lebih mudah dilakukan. Hal ini menyebabkan seringnya terjadi pelanggaran hak cipta dan hak kepemilikan, seperti mengambil dan memodifikasi data multimedia tersebut secara ilegal. Untuk mengatasi masalah ini, maka digital watermarking dibutuhkan. Penelitian ini akan membahas perancangan teknik watermarking dengan metode DWT (Discrete Wavelet Transform) dan DCT (Discrete Cosine Transform) dengan menggunakan QIM (Quantization Index Modulation) sebagai metode penyisipan data. Host audio akan dibagi menjadi beberapa frame dengan menggunakan DWT level 5, kemudian metode DCT dilakukan untuk setiap koefisien di frame-frame tersebut. Proses penyisipan informasi bit dilakukan dengan metode QIM. Penelitian ini akan menggunakan beberapa jumlah frame dan nilai delta. Hal yang diharapkan dari penelitian ini adalah sistem watermarking yang kuat dan tidak terdengar dengan BER lebih kecil 2% dan SNR 30-50 dB

Kata kunci: Watermarking, Audio Watermarking, Discrete Wavelet Transform (DWT), Discrete Cosine Transform (DCT), Quantization Index Modulation (QIM)

Downloads

Published

2016-12-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi