Analisis Kualitas Blended Learning Menggunakan Rubric Quality Matters (studi Kasus – Telkom-pjj)

Merlina Dewi Setyarini, Sri Widowati, Dawam Dwi Jatmiko Suwawi

Abstract

Abstrak Dalam dunia pendidikan dikenal adanya sistem pembelajaran yang senantiasa berkembang. Salah satu sistem pembelajaran yang banyak digunakan dalam institusi pendidikan sekarang ini adalah sistem blended learning. Blended learning adalah suatu kerangka kerja praktis yang dapat digunakan untuk merangkum berbagai pendekatan yang efektif untuk belajar dan mengajar. Yang mendorong penggunaan teknologi kontemporer untuk meningkatkan pembelajaran, dan pengembangan pendekatan fleksibel untuk desain pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan siswa [1].

Telkom PJJ merupakan salah satu instansi pendidikan yang telah menggunakan sistem blended learning dalam metode pembelajarannya, menggunakan face to face dan e-learning [2]. Seiring dengan perkembangan sistem pembelajaran yang diterapkan pada institusi pendidikan maka diperlukan suatu pengukuran untuk mengetahui apakah sistem pembelajaran tersebut efektif untuk diterapkan atau tidak dalam institusi pendidikan tersebut, khususnya pada segi kualitas.

Untuk melakukan pengukuran kualitas blended learning yang sedang diterapkan dalam suatu institusi pendidikan penulis mengimplementasikan metode pengukuran kualitas Rubric Quality Matters (RQM) yang relevan dengan standar - standar yang ada dalam sistem pembelajaran blended learning. Untuk memudahkan dalam proses pengukuran kualitas sistem pembelajaran blended learning yang diterapkan, penulis mengimplementasikan Rubric Quality Matters (RQM) ke dalam bentuk sebuah website.

Kata kunci: Blended Learning, E-Learning, Face to Face, Rubric Quality Matters(RQM).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0