Analisis Penanggulangan Inter-carrier Interference (ici) Pada Teknologi Ofdm Menggunakan Frequency-domain Equalizer (feq) Dengan Metode M-taps Minimum Mean-square-error (mmse)

Authors

  • Erwin Priyantono Telkom University
  • Arfianto Fahmi Telkom University
  • Dharu Arseno Telkom University

Abstract

Permintaan untuk Wireless Broadband Multimedia Communication Systems (WBMCS) semakin tahun semakin meningkat. Namun kanal radio wireless mempunyai karakteristik dengan adanya multipath, yang mengakibatkan sinyal pada penerima diterima pada waktu yang berbeda-beda. Salah satu yang umum terjadi dalam proses transmisi sinyal adalah adanya fluktuasi daya yang diterima oleh penerima, yang disebut fading. Untuk mengatasi kondisi tersebut, skema transmisi Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) diperkenalkan. OFDM merupakan teknik untuk mengirim informasi dalam satu aliran (single stream), dimana informasi itu dibagi ke dalam beberapa sub-aliran (sub-stream) paralel, yang disebut subcarrier. Namun teknik OFDM menimbulkan Inter Carrier Interference (ICI). Pengaruh ICI dapat dimitigasi menggunakan Frequency-Domain Equalizer (FEQ) yang memanfaatkan metode Minimum Mean Square Error (MMSE) konvensional dan M-taps Minimum Mean Square Error (MMSE). Dari hasil simulasi, didapat grafik BER terhadap Eb/No dengan jenis modulasi yang digunakan adalah QPSK, 16 QAM dan 64 QAM. Analisis pada grafik menunjukkan bahwa FEQ yang memanfaatkan metode MMSE konvensional dan M-taps MMSE dapat meningkatkan performansi sistem OFDM yang mengandung ICI dengan jenis modulasi QPSK dan 16 QAM. Tetapi tidak cocok untuk jenis 64 QAM. Metode 7-taps MMSE 98,04459 % efisien dibandingkan metode MMSE konvensional, sedangkan metode 33-taps MMSE 91,08564 % efisien dibandingkan dengan metode MMSE konvensional.

Kata kunci: Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM), Frequency-Domain Equalizer (FEQ), Minimum Mean Square Error (MMSE), M-taps Minimum Mean Square Error (MMSE)

Downloads

Published

2016-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi