Javascript Protection And Encryption Menggunakan Advance Encryption Standard (aes) Symetric-key Algorithm Untuk Aplikasi Mobile Berbasis Phonegap

Cherry Nasa Putra, Arif M Barmawi, Kurniawan Nur Ramadhani

Abstract

Abstrak Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi pada saat ini telah menjadikan pengembangan aplikasi berbasis mobile semakin banyak dan digemari karena tampilan antarmuka yang sederhana tetapi masih dapat berfungsi secara maksimal. Webservice menjadi pilihan untuk aplikasi mobile dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan dari server penyedia layanan informasi. Aplikasi mobile yang di bangun menggunkan phonegap dapat dibuat menggunakan bahasa pemograman berbasis web seperti html, css dan javascript. Untuk aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemograman web, untuk melakukan akses ke suatu webservice aplikasi mobile tersebut dapat menggunakan javascript untuk melakukan proses pertukaran datanya.
Informasi tentang webservice yang akan diakses beserta proses dari aplikasi mobile tersebut terdapat pada pada file javascript yang ada didalam aplikasi yang akan dilakukan proses instalasi oleh aplikasi mobile yang akan menggunakannya. Sourcecode javascript yang berisi informasi ini menjadi berbahaya apabila semua pihak bisa melihatnya karena kemungkinan bisa dilakukan reverse-engineering terhadap sourcecode javascript tersebut.
Penelitian ini akan membuat sistem proteksi javascript yang ada pada pada aplikasi mobile sehingga apabila user dapat mengakses source dari javascript nya maka tidak akan bisa dilakukan proses reverse- engineering karena sudah terproteksi menggunakan advance encryption standard.
Aplikasi yang akan dibuat adalah aplikasi mobile, server aplikasi dan aplikasi untuk menyisipkan javascript kedalam file html. Semua aplikasi dibangun menggunakan bahasa pemograman web.



Kata Kunci : Javascript Protector, Advance Encryption Standard, Rijndael, Reverse-Engineering, Mobile Application, Phonegap.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0