Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Posyandu Terintegrasi Berbasis Android

Resmon Frima, Budhi Irawan, Burhanuddin Dirgantoro

Abstract

Aplikasi mobile pada saat ini merupakan teknologi yang sangat berkembang pesat. Perkembangan aplikasi mobile yang pesat berdampak pada gaya hidup masyrakat sehari-hari. Aplikasi mobile saat ini banyak digunakan untuk membantu aktifitas pada kehidupan sehari-hari. Keunggulan dari aplikasi mobile adalah sifat nya yang mudah dan dapat digunakan dimana saja, membuat aplikasi ini sangat cocok untuk membantu aktifitas-aktifitas yang memiliki mobilitas tinggi.

Posyandu merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas kesehatan berbasis masyarakat yang sudah menjadi milik masyarakat serta menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat. Pada pelaksanaan posyandu terdapat berbagai masalah didalamnya. Masalah yang sering dihadapi adalah pengelolaan data serta pelayanan yang tidak terintegrasi.

Berdasarkan pada permasalahan diatas maka dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola pelayanan posyandu secara terintegrasi dan bersifat mobile. Maka dengan itu dibuatlah sebuah “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI BERBASIS ANDROID†untuk membantu mengatasi permasalahan yang muncul. Aplikasi ini dibuat bersifat mobile dan berbasis pada sistem operasi android. Nantinya aplikasi ini akan bersifat client server, dimana server berfungsi untuk mengelola database. Aplikasi ini dikerjakan dengan menggunakan bahasa pemrograman java dan MySQL sebagai database.

Kata Kunci : Adroid, aplikasi mobile, java, Android Studio, MySQL, KMS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0