Perumusan Perencanaan Strategis Pt Trengginas Jaya Dengan Menggunakan Metode Qfd Strategic Planning

Ananda Kusumo Aji, Yati Rohayati, Maria Dellarosawati

Abstract

PT Trengginas Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan tenaga kerja facility management. PT Trengginas Jaya didirikan pada tahun 2012 di Bandung dan menjadi perusahaan binaan Yayasan Pendidikan Telkom. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang facility management, lini jasa yang dilayani meliputi layanan tenaga cleaning¸ keamanan, catering, perbaikan fasilitas gedung, sistem parkir, dan support (tenaga penunjang akademik dan office boy). Namun sebagian besar mitra kerja yang dimiliki hanya berasal dari perusahaan-perusahaan atau lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom.
Rencana perluasan pasar yang akan dilakukan tentunya menjadi tantangan yang besar bagi PT Trengginas Jaya dimana persaingan dalam bisnis pengelolaan tenaga kerja facility management tersebut sangat ketat. Sebagian besar kompetitor merupakan perusahaan-perusahaan yang telah memiliki pengalaman yang sangat banyak dan memiliki kualitas layanan yang cukup baik. Kondisi ini menjadi kendala yang berarti bagi PT Trengginas Jaya. Terbukti hingga pertengahan tahun 2016, perusahaan baru mampu mencapai target sebesar 20%. Indikasi atas penyebab buruknya performa PT Trengginas Jaya ini adalah adanya fakta bahwa perusahaan tidak memiliki strategi yang jelas dalam mencapai target tersebut. Selama ini perusahaan hanya berjalan secara konfensional tanpa adanya landasan strategi tertulis yang mampu mengantarkan kesuksesan perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi perencanaan strategi yang dapat dijalankan oleh perusahaan. Penelitian ini diawali oleh perumusan pernyataan visi perusahaan, mengolah pernyataan visi tersebut dalam skema perencanaan strategis, lalu melewati Visi / Tujuan Quality House serta Tujuan / Strategi Quality House untuk merumuskan strategi yang paling tepat untuk perusahaan.
Dari hasil penelitian ini didapatkan 7 strategi yang dapat dilaksanakan oleh perusahaan, strategi tersebut dirumuskan sesuai dengan kondisi dan situasi perusahaan sehingga sangat tepat untuk dijalankan oleh perusahaan untuk mencapai visi-visi perusahaan, mencapai target yang telah ditentukan, serta bersaing dengan perusahaan kompetitor.
Kata Kunci: Perencanaan Strategis, QFD Strategic Planning, Integrated Facility Management Services

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0