Usulan Perancangan Alokasi Penyimpanan Tools Menggunakan Pendekatan Opitz Code Dan Analisis Fsn Untuk Mengurangi Waktu Order Picking Pada Gudang Cap Rumah Batik Komar

Aldwyn Hazaghi, Dida Diah Damayanti, Efrata Denny Saputra Yunus

Abstract

Rumah Batik Komar merupakan perus ahaan yang bergerak di bidang konveks i yang berlokas i di Bandung. Rumah Batik Komar memiliki gudang penyimpanan tools, yaitu gudang penyimpanan cap batik. Aktivitas gudang cap memiliki waktu pros es di bawah waktu s tandar pada aktivitas order picking, yaitu 89% . Hal ters ebut dis ebabkan penempatan cap yang tidak s es uai s ehingga adanya aktivitas delay yang menyebabkan waktu pencarian cap yang lama.

Langkah awal yang dilakukan adalah memetakan aliran barang dan informas i yang ada di gudang dengan current state design. Sehingga didapatkan waktu pros es dan value mas ing-mas ing aktivitas . Berdas arkan current state design didapatkan aktivitas order picking memiliki waktu non value added paling bes ar. Untuk itu dilakukan alokas i penyimpanan cap untuk mengurangi waktu non value added terutama pada pros es order picking dengan melakukan pengklas ifikas ian menggunakan pendekatan OPITZ code, analis is FSN, kemudian melakukan slotting dan zonafikas i untuk menentukan area penempatan cap untuk mas ing- mas ing SKU berdas arkan klas ifikas inya.

Setelah dilakukannya pros es klas ifikas i, slotting, dan zonafikas i, maka dilakukanlah perancangan future state design us ulan, s ehingga dis impulkan waktu order picking menurun s ebes ar 7.69% . Sedangkan nilai pers entas e value added mengalami peningkatan s ebes ar 2.72% .

Kata Kunci : Warehouse, OPITZ Code, Analis is FSN, Zonafikas i

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0