Penggunaan Teori Utaut Guna Memahami Penerimaan Dan Pengimplementasian Idea Sebagai Learning Management System Telkom University

Seto Adi Prakasa, Eko Darwiyanto, Gede Agung Ary Wisudiawan

Abstract

Semua mahasiswa di Telkom University tak terkecuali mempunyai akun i-Gracias, setiap semesternya pasti mahasiswa setidaknya membuka i-Gracias lebih dari 5 kali untuk pengecekan nilai, pengecekan jadwal kuliah, pengecekan jadwal ujian maupun pembayaran kuliah itu sendiri. Tetapi anehnya, tidak semua mahasiswa di Telkom University tahu adanya Learning Management System yang terdapat di dalam i-Gracias, yaitu IDEA. Disisi lain penggunaan IDEA harusnya sangat bermanfaat jika digunakan oleh setiap mahasiswa karena dewasa ini penggunaan Learning Management System sangat dibutuhkan untuk menunjang sarana belajar mahasiswa. Hasil dari wawancara dengan 15 dari 20 mahasiswa mengatakan bahwa ada pengaruh dalam penerimaan dan pengimplementasian IDEA yang berhubungan dengan niat mereka menggunakan IDEA. Ditambah lagi User Acceptance Test yang dilakukan oleh pihak SISFO hanya sebatas pengetesan terhadap tiap skenario usecase IDEA. Belum dilakukan pengujian penerimaan terhadap minat mahasiswa untuk menggunakan IDEA.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan IDEA dengan menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang nantinya akan menghasilkan rekomendasi sistem untuk pengembangan IDEA. Data dikumpulkan dari responden yaitu mahasiswa Telkom University yang menggunakan IDEA melalui pengambilan data dari penyebaran kuesioner. Pengujian validitas dan reliabilitas data akan dihitung dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS dan SPSS. Hasil analisis akan memperlihatkan apakah performance expectancy, effort expectancy, social influence dan attitude towards behaviour akan mempunyai pengaruh tinggi atau sebaliknya terhadap behavioral intention.

Kata kunci : Learning Management Sistem, Idea, UTAUT, SmartPLS, SPSS

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0