Pengolahan Citra Radiograf Periapikal Pada Deteksi Penyakit Pulpitis Dengan Metode Svd (singular Value Decomposition) Berbasis Android

Apriannor Apriannor, Bambang Hidayat, Suhardjo Suhardjo

Abstract

Gigi merupakan salah satu bagian terpentig dari tubuh untuk mengunyah makanan agar dapat tercerna dengan baik. Gigi yang mengalami masalah atau penyakit akan mengakibatkan kesulitan untuk mengunyah makanan sehingga sulit untuk dicerna. Penyakit pada gigi bermacam-macam, ada yang terlihat seperti gigi berlubang da nada pula yang tidak terlihat. Penyakit yang tidak terlihat ini dapat dideteksi dari hasil foto radiograf atau yang biasa disebut rontgen. Permasalahannya, kemampuan seorang dokter untuk mendiagnosa suatu penyakit gigi berbeda-beda sehingga belum bias menghilangkan dugaan. Hasil diagnose sangat penting untuk menentukan cara penyembuhan dan perawatan gigi pasien.

Tugas Akhir ini akan menghasilkan aplikasi pendeteksi penyakit pulpitis dengan menggunakan metode SVD (Singular Value Decomposition).

Hasil dari penilitian telah mencapai akurasi 80% dengan klasifikas citra gigi dibagi menjadi 3 jenis yaitu citra gigi normal, citra pulpitis reversible dan citra pulpitis irreversible dengan menggunakan hasil radiograf sebagai citra uji.

Kata Kunci : Radiograf, Pulpitis, Singular Value Decomposition

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0