Implementasi Dan Analisis Penggunaan Logika Fuzzy Pada Pengendalian Arus Tenaga Listrik

Dewa Gede Cahya Prastika, Rendy Munadi, Unang Sunarya

Abstract

Energi listrik adalah sumber daya yang benar-benar dibutuhkan pada masa ini. Semua elektronik baik yang terbaru maupun tercanggih pasti menggunakan energi listrik yang biasanya tersimpan dalam batre. Keterbatansan penghasil energi dari fosil bumi mengharuskan manusia beralih untuk mendapatkan energi dengan cara lain, yaitu dengan sumber daya panas dari matahari dan sumber daya angin. Namun pemakaian energi yang tinggi dari keterbatasan penyimpanan batre harus dikontrol.

Oleh karena itu, dibuat Implementasi dan Analisis Penggunaan Logika Fuzzy Pada Pengendalian Arus Tenaga Listrik. Terdapat sensor arus masuk dan arus keluar sebagai masukan untuk logika fuzzy. Logika fuzzy akan mengolah data input agar didapat eksekusi yang tepat. Menggunakan teknologi Iot untuk mengetahui data output dari logika fuzzy, kondisi lingkungan penghasil energi dan mengontrol alat yang tercatu pada batre.

Dibuatnya alat ini, manusia dengan mudah bisa memanajemen pemakaian energi dari pembangkit dengan melihat arus masuk dan keluar. Dibantu teknologi IoT yang memungkintan komunikasi dan kontrol dengan jarak jauh.

Kata kunci: Arus Listrik, IoT, Fuzzi Logic.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0