Simulasi Dan Analisis Perbandingan Performansi Routing Protocol Aodv & Dsr Pada Vehicular Ad Hoc Network (vanet)

Asty Valentina Hutauruk, Agus Virgono, Leanna Vidya Yovita

Abstract

Vehicular Ad Hoc Network (VANET) merupakan salah satu sarana pengembangan teknologi komunikasi nirkabel antar kendaraan yang memungkinkan terjadinya pertukaran data dan pengambilan keputusan secara cepat dan efisien, serta dapat diaplikasikan dimanapun tanpa menggunakan backbone infrastruktur yang telah ada.

Proses berkendara yang tidak aman di jalan raya cenderung meningkatkan resiko kecelakaan, untuk itu teknologi VANET dikembangkan dengan tujuan dapat memperkecil resiko kecelakaan sehingga meningkatkan kenyamanan berkendara. Vehicular Ad Hoc Network (VANET) merupakan subset dari Mobile Ad Hoc Network (MANET) yang terkhusus digunakan sebagai teknologi jaringan mobile.

Tugas Akhir ini meneliti tentang performansi routing protocol AODV dan DSR dengan teknologi Wi-Fi. Proses penelitian dilakukan dengan simulasi menggunakan Network Simulator dan software pendukung jaringan VANET lainnya. Simulasi ini menggunakan standar 802.11, routing protocol AODV dan DSR, dengan transport layer protocol TCP.

Hasil uji simulasi menunjukkan bahwa DSR merupakan routing protocol yang paling cepat dalam proses pengiriman data dibandingkan dengan routing protocol AODV. Nilai Average End to End Delay pada routing protocol AODV berkisar pada 19.1364 ms hingga 29.7732 ms, sedangkan nilai average end to end Delay pada routing protocol DSR berkisar pada 10.8935 ms hingga 26.1599 ms.

Kata kunci : VANET, AODV, DSR, TCP, average end to end delay, 802.11

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0