Perancangan Dan Simulasi Sistem Monitoring Kecelakaan Mobil Berbasis Vehicular Ad Hoc Network (vanet) Menggunakan Protokol Ieee 802.11

Niken Ayu, Agus Virgono, Unang Sunarya

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menempati posisi keempat penyebab kematian di seluruh dunia. Salah satu jenis kecelakaan yang sering terjadi adalah tabrakan beruntun. Teknologi Vehicular Ad Hoc Network (VANET) merupakan salah satu solusi yang dirancang untuk menghadapi masalah tersebut.
Tugas akhir ini membuat suatu simulasi sistem monitoring kecelakaan untuk mencegah kecelakaan beruntun. Robot mobil menggunakan Arduino UNO sebagai kontroler dan NRF24L01 sebagai radio untuk saling berkomunikasi. Ketika sebuah robot mobil mengalami kecelakaan, maka robot mobil tersebut akan mengirimkan data ke robot mobil lainnya. Pada robot mobil yang menerima data, akan memberikan peringatan kepada pengemudi dan menghentikan laju kendaraannya.
Dari hasil pengujian dan analisis yang dilakukan, robot mobil mampu menerima data kecelakaan dengan benar, sudah dapat memberikan peringatan dengan menghidupkan LED dan menampilkan informasi kecelakaan melalui LCD, serta dapat menghentikan laju robot mobil sehingga tabrakan beruntun tidak terjadi. Adapun jarak minimum antar mobil adalah 50 cm, jarak ini berfungsi sebagai jarak aman pengereman.

Kata Kunci : VANET, arduino UNO, nRF24L01, rotary encoder

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0