Perancangan Alat Ukur Konsentrasi Gas Metan Dari Anaerobic Baffled Reactor (abr) Semi-kontinyu Dengan Substrat Susu Basi

Aditya Pratama Rusdiyono, Muhamad Ramdlan Kirom, Ahmad Qurthobi

Abstract

Biogas dapat diperoleh dengan proses anaerob. Anaerob merupakan salah satu cara produksi biogas menggunakan bakteri anaerobik, yang tumbuh tanpa gas oksigen. Gas metana adalah salah satu gas yang dihasilkan dari produksi biogas sebagai penyebab utama terjadinya efek rumah kaca. Sehingga tingkat konsentrasi gas metana (CH4) yang dihasilkan dari produksi biogas harus selalu diketahui. Data konsentrasi gas metana (CH4) sulit didapatkan, karena saat ini peralatan untuk mengukur tingkat konsentrasi gas metana (CH4) sangat terbatas. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan di atas, yaitu dengan melakukan pengukuran konsentrasi gas metana menggunakan sebuah alat ukur.

Pada penelitian ini dibuat seperangkat sistem pengukuran konsentrasi gas metana (CH4) pada biogas dari hasil fermentasi susu basi dalam anaerobic Baffled Reactor pada volume 15 liter dengan alat ukur yang dirancang menggunakan sensor MQ-4 sebagai pembaca konsentrasi gas metana (CH4) berupa persentase pada serial monitor.

Alat ukur yang telah dibuat ini kemudian dilakukan karakterisasi agar layak digunakan sebagai alat ukur konsentrasi gas metana (CH4). Hasil pengukuran melalui serial monitor dalam persentase. Sistem pengukuran ini menggunakan alat ukur konsentrasi gas metana yang dirancang pada Arduino Uno sebagai pengontrol dari sinyal masukan dan keluaran serta untuk kalibrasi sistem dilakukan dengan cara membandingkan hasil pengukuran alat ukur yang dibuat dengan alat ukur gas cromatograph GC 8A sebagai nilai akhir dari kosentrasi gas metana.

Kata Kunci : Biogas, Konsentrasi Gas metana (CH4), Sensor MQ-4, Anaerobic baffled reactor.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.