Pengukuran Kinerja Sistem Informasi Menggunakan Metode Performance Prism Dan Model Analisis Kuantitatif “tev†(studi Kasus Sistem Informasi Pada Rumah Zakat Bandung)

Nabara Kusti, Toto Suharto, Yanuar Firdaus

Abstract

Rumah Zakat adalah sebuah lembaga amil zakat nasional yang berdiri sejak tahun 1998. Awalnya Rumah Zakat didirikan di Bandung, tetapi kini sudah mempunyai 52 jaringan kantor dari Aceh-Papua. Oleh karena itu sistem informasi menjadi kebutuhan pokok, karena proses bisnis lembaga tidak dapat berjalan tanpa adanya sistem informasi. Tetapi itu saja belum cukup, sistem informasi yang digunakan juga harus diukur untuk mengetahui sejauh mana performanya. Oleh karena itu, jurnal ini akan membahas pengukuran kinerja pada sistem informasi Rumah Zakat. Metode yang digunakan untuk pengukuran kinerja adalah Performance Prism, karena yang diukur bukan hanya dari sisi strategi saja, tetapi justru keinginan dan kebutuhan stakeholder (stakeholder satisfaction) yang menjadi pertimbangan utama, kemudian setelah itu bisa dirumusakan strategy, process, capabilities, dan stakeholder contribution. Kemudian, berdasarkan lima faset Performance Prism tersebut dan acuan dari NIST SP800 -55 dikelompokkan menjadi Key Performance Indicator (KPI) dan Performance Indicator (PI) yang menjadi indikator ukuran suskes kinerja. Selanjutnya dilakukan pengolahan data, pembobotan dan scoring menggunakan Model Analisis Kuantitatif “TEV†(MAKTEV) yang merupakan model pengolahan data non metrik dengan menggunakan metode kuantitatif. Sehingga setelah dilakukan pengukuran kinerja, akan diketahui sejauh mana performa sistem informasi secara real, keterkaitan kelima faset Performance Prism, beserta rincian level kinerja tiap KPI (sangat jelek – sangat baik), kemudian selanjutnya hal ini bisa digunakan untuk merumuskan atau memberikan usulan perbaikan kinerj a terhadap sistem informasi tersebut. Setelah melakukan pengukuran diperoleh hasil pengukuran nilai kinerja sistem informasi Core-Z adalah 4,25. Berdasarkan Skala Likert dikategorikan kinerja sistem informasi Core-Z pada Rumah Zakat adalah sangat baik dan didapatkan hasil 3 KPI dan 21 indikator kinerja (PI). Dari 3 KPI didapatkan hasil 1 KPI dikategorikan sangat baik dan 2 KPI dikategorikan baik. Dari 21 indikator kinerja (PI) Terdapat 5 indikator kinerja yang dikategorikan sangat baik, 15 indikator kiner ja baik, dan indikator kinerja 1 cukup baik.


Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Performance Prism, Model Analisis Kuantitatif “TEVâ€, Delphi Method, Expected Value, Stakeholder.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0