Perencanaan Strategi Sistem Informasi /teknologi Informasi Menggunakan Kerangka The Open Group Architecture Framework (TOGAF) Achitecture Development Method (ADM)

Muhammad Rifkhan Khaeruddin, Eko Darwiyanto

Abstract

Suatu Pemerintahan yang baik atau ideal harus didukung dengan teknologi informasi pemerintahan yang baik pula. Pemerintahan di Sulawesi Tengah sudah mengimplementasikan sistem informasi/teknologi informasi (IS/IT) disetiap proses bisnisnya, tetapi disana tidak terdapat proses perencanaan strategi untuk IS/IT. Dengan menggunakan IS/IT sebagai perencanaan strategi diharapkan dapat meningkatkan keuntungan dari sebuah organisasi. Metode yang digunakan di IS/IT sebagai perencanaan strategi untuk pemerintahan di Sulawesi Tengah ini adalah dengan menggunakan metode The Open Group Architecture Framework (TOGAF) Architecture Development Method (ADM). TOGAF ADM mengandung tahapan yang dapat membuat design of Enterprise Architecture (EA) untuk suatu organisasi sebelum organisasi tersebut masuk ke dalam pengimplementasian IS/IT. Adapun output yang dihasilkan dari tahapan TOGAF ADM ini akan menghasilkan Enterprise Architecture (EA) yang dapat digunakan sebagai petunjuk oleh Pemerintahan Sulawesi Tengah dalam rangka mencapai strategi sasaran hasil organisasi.


Kata Kunci: Perencanaan Strategi, Sistem Informasi, Teknologi Iinformasi, TOGAF ADM, Enterprise Architecture, Proses Bisnis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0