Implementasi Metode Document Oriented Index Pruning Pada Information Retrieval System

Hendri Priyanto, Yanuar Firdaus Arie Wibowo, Siti Sa'adah

Abstract

Perkembangan Informasi yang sangat pesat mengakibatkan jumlah informasi yang tersedia secara online mengalami peningkatan yang sangat pesat, sehingga sangat sulit apabila pencarian dilakukan secara satu-persatu, karenanya dibutuhkan Information Retrieval System untuk menemukan suatu informasi.

Permasalahan yang muncul pada Information Retrieval adalah semakin besar data collection yang dimiliki maka semakin besar pula biaya yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan komputasi, storage, dan network resource. Oleh karena itu suatu metode diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan kompresi index. Metode kompresi index yang akan digunakan adalah metode Document Oriented Index Pruning.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sampai dengan persentase index sebesar
80% metode Document Oriented Index Pruning mampu memberikan hasil relevansi pencarian yang lebih baik dibandingkan hasil relevansi pencarian tanpa menggunakan metode Document Oriented Index Pruning sehingga performansi sistem yang dihasilkan lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan metode Document Oriented Index Pruning.

Kata kunci:information retrieval , document oriented index pruning, indexing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0