Rancang Bangun Penyerap Gelombang Mikro Berbentuk Square Patch Array Berbasis Struktur Amc Menggunakan Teknik Multiple Slot Untuk Peningkatan Bandwidth

Zuchra Latifah, Levy Olivia Nur, Trasma Yunita

Abstract

Beberapa tahun terakhir, penerapan berbagai apalikasi patch array untuk microwave absorber atau penyerap gelombang mikro berkembang luas. Aplikasi tersebut menggunakan printed circuit board (PCB) sebagai material penyebarannya. Akan tetapi respon bandwidth dari struktur AMC berbasis penyerap gelombang mikro relatif sempit dikarenakan dari struktur AMC itu sendiri yang tersusun dari dielectrik substrat, dimana respon bandwidth dari perangkat lain seperti antena tersebar pada dielektrik substrat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan single patch atau unit sel dari patch persegi karena efek dari boundary sehingga hasil untuk single patch sama dengan susunan patch tak hingga. Jumlah slot dari 1 hingga 21 dengan jumlah ganjil berpusat pada tengah patch. Slot gradual memiliki nilai bandwidth yang lebih lebar dibandingkan dengan slot seragam. Penyerap gelombang mikro square patch array atau susunan patch persegi ini dirancang untuk bekerja pada frekuensi tengah 2,75 GHz meggunakan bahan FR-4 Epoxy dengan nilai permitifitas relatif sebesar 4.4f/m sebagai dielektrik substrat dengan ketebalan 1,6 mm, dengan perhitungan panjang sisi substrat single patch 24,5mm dan panjang sisi patch 22,5mm. Bangun model dari penyerap gelombang mikro susunan patch persegi dengan 17 slot gradual dan tanpa slot dibuat dan diukur menggunakan simulator PPW (parallel plate waveguide) dan selanjutnya hasil pengukuran dilakukan proses de-embeding untuk mendapatkan hasil sesungguhnya dari pengukuran.

Kata kunci:AMC (artificial magnetic conductor), Bandwidth, De-embeding, Microwave Absorber, square patch array, PPW(parallel plate waveguide ).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0