Identifikasi Umur Menggunakan Ronsen Panoramik Gigi Dengan Metode Principal Component Analysis Dan Support Vector Machine

Ayu Putu Wida Vanhita, Rita Magdalena, Ratri Dwi Atmaja

Abstract

Dalam dunia kedokteran forensik, mengidentifikasi korban berguna untuk mendapatkan data korban. Gigi adalah cara untuk mengidentifikasi paling tidak, umurnya. Karena seperti yang diketahui, gigi merupakan bagian tubuh keras dan tahan terhadap kondisi yang terindikasi menghancurkan. Gigi juga merupakan bagian yg khas dari tubuh manusia, sehingga setiap manusia akan berbeda susunan giginya. Penelitian ini dikembangkan sebuah aplikasi untuk mengidentifikasi umur jenazah melalui gigi menggunakan citra hasil pengolahan dari Dental Panoramic Radiograph. Dalam ilmu Odontologi, metode yang digunakan untuk mengetahui kisaran umur dari gigi adalah metode Schour dan Massler. Klasifikasi ciri yang digunakan adalah Support Vector Machine. Penelitian ini juga menggunakan Principal Component Analysis sebagai ekstraksi ciri.

Kata kunci: Schour dan Masler, Dental Panoramic Radiograph, citra, Principal Component Analysis, Support Vector Machine.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0