Analisis Image Watermarking Menggunakan Compressive Sensing Algoritma Orthogonal Matching Pursuit Dengan Pendekatan Berbasis Discrete Cosine Transform Menggunakan Singular Value Decomposition

Arining Pangestu, Gelar Budiman, Irma Safitri

Abstract

Pematenan hak cipta ini diperlukan pada saat ini dikarenakan mulai beralihnya bentuk dari banyak hasil karya menjadi digital dan hal ini juga turut menimbulkan banyaknya hal-hal yang merugikan seperti pembajakan, penggandaan masal, penyebaran secara ilegal, dan lain-lain yang tentu akan merugikan pencipta dari karya tersebut. Pada penelitian ini akan meneliti sebuah citra yang sudah melalui proses image watermarking menggunakan Compressive Sensing dengan algoritma Orthogonal Matching Pursuit, dimana pada proses embedding dan extraction-nya dilakukan dengan pendekatan Singular Value Decomposition berbasis Discrete Cosine Transform. Kombinasi antara Compressive Sensing algoritma Orthogonal Matching Pursuit dengan Singular Value Decomposition berbasis Discrete Cosine Transform diharapkan dapat meningkatkan mutu dari citra yang sudah di watermarking dengan memperhatikan hasil robustness, embedding capacity, dan transparency. Hasil akhir penelitian tugas akhir ini berupa aplikasi watermarking pada Matlab yang memiliki nilai BER (robustness) stabil mendekati 0 tanpa serangan dan nilai PSNR diatas 40 dB (49.647-tak hingga). Dengan optimasi Compressive Sensing menggunakan algoritma Orthogonal Matching Pursuit pada citra watermark, nilai PSNR menjadi lebih baik dari pada tanpa optimasi (50.9814-tak hingga) namun ketahanan terhadap serangan dan nilai BER cenderung fluktuatif.

Kata kunci: Image Watermarking, Compressive Sensing, Orthogonal Matching Pursuit, Discrete Cosine Transform, Singular Value Decomposition.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0