Perancangan Dan Implementasi Desa Cerdas Sistem Geografis Pemetaan Wilayah Berbasis Web Di Desa Cinunuk

Aldilano Bella Marlintha, Budhi Irawan, Roswan Latuconsina

Abstract

Informasi kependudukan yang ada di Desa Cinunuk pada saat ini masih berupa informasi data-data penduduk yang disajikan dalam bentuk gambar graph wilayah yang tidak beraturan. Contohnya untuk mencari informasi kependudukan suatu wilayah masih menggunakan sistem pencarian manual data satu persatu. Seiring berjalannya waktu maka data-data akan bertambah semakin banyak, dengan masih digunakannya sistem pencarian manual maka akan memakan cukup banyak waktu. 

 Dengan adanya permasalahan diatas desa membutuhkan sistem pemetaan geografis yang dapat memudahkan warga maupun badan audit untuk mengetahui informasi kependudukan. Pada Aplikasi ini menampilkan pemetaan dalam suatu wilayah dengan memberikan informasi batas wilayah dan data pemetaan kependudukan yang ditampilkan berupa peta digital . Perancangan ini menggunakan model observasi langsung ke lokasi untuk menentukan Keyhole Markup Language (KML) yang berfungsi untuk memetakan wilayah dengan google Maps Api dan ditampilkan di website Desa Cinunuk. 

Dari hasil perancangan Aplikasi sistem geografis pemetaan wilayah ini dengan menggunakan kuisioner sebagai alat uji, rata-rata responden mengatakan aplikasi ini berjalan dengan baik dan sangat bermanfaat karena memudahkan kepala desa, staf pelayanan desa dan warga desa untuk mencari informasi pemetaan wilayah . 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0