Perancangan Pintu Pintar Untuk Mengenali Wajah Nyata Berbasis Pengolahan Citra Menggunakan Metode Principal Component Analysis Dan Template Matching Correlation

Valerian Ezra Vyanza, Budhi Irawan, Casi Setianingsih

Abstract

Teknologi pengolahan citra digital pada era modern semakin pesat perkembangannya. Dengan dukungan software yang banyak bermunculan, teknologi tersebut semakin mempermudah aktivitas kehidupan manusia. Salah satu disiplin ilmu yang membahas teknologi tersebut adalah image processing.

Tugas Akhir ini bertujuan merancang pintu pintar untuk mengenali wajah nyata berbasis pengolahan citra. Pintu pintar ini akan menjadi sebuah sistem pengenalan wajah dengan tingkat keakurasian dan kecepatan yang lebih tinggi. Dua metode utama yang digunakan dalam merancang sistem tersebut adalah Principal Component Analysis dan Template Matching Correlation. 

Hasilnya menunjukkan: (a) sistem pintu pintar yang dikembangkan dalam penelitian ini berhasil mengenali wajah dengan tingkat akurasi 80% (b) sistem pintu pintar ini juga dapat mengenali wajah dengan kecepatan 4.6 detik per subyek.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0