Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Pencarian Rute Optimal Untuk Pemadam Kebakaran Berbasis Android Menggunakan Algoritma Ant Colony Optimization (studi Kasus:kota Bandung Dan Sekitarnya)

Izzat Arramsyah, Budhi Irawan, Casi Setianingsih

Abstract

Dengan status kota metropolitan, bandung tentu memiliki banyak permasalahan yang dihadapi. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah kebakaran di daerah padat penduduk. Ketika kebakaran terjadi pihak pemadam kebakaran harus cepat menuju lokasi kebakaran. Namun permasalahanya terkadang tidak diketahui situasi jalan yang akan dilewati. Dengan permasalahan yang ada, maka diperlukan sebuah solusi bagi pemadam kebakaran yaitu dengan sebuah aplikasi android pencarian ruteoptimal untuk mencapai lokasi. 

 Dalam penentuan rute optimal pada aplikasi digunakan metode simple additive weightning (SAW)  untuk melakukan perhitungan banyak kriteria seperti jarak, lokasi kemcetan atau daerah padat dan sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk memadamkan api dan algoritma ant colony optimation  sebagai pencarian rute. Dengan aplikasi ini petugas pemadam kebakaran akan dimudahkan dalam memilih rute optimal sehingga dapat meminimalisir terjadinya kejadian yang tidak diinginkan.

 Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, algoritma ant colony optimation dapat diimplementasikan untuk melakukan pencarian rute optimal pada sistem operasi android. Pemadam kebakaran selain mengetahui rute optimal juga dapat mengetahui informasi kemacetan serta sumber air yang bisa digunakan. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0