Perancangan Aplikasi Monitoring Dan Kendali Sistem Pada Sistem Keamanan Smarthome Berbasis Android

Sofian Arissa Putra, Rumani Rumani, Unang Sunarya

Abstract

Maraknya kasus pencurian dan kebakaran yang terjadi di pemukiman warga seringkali terjadi karena kelalaian manusia seperti lupa mengunci pintu. Dalam upaya mencegah dan meminimalisir kasus tersebut diperlukan sebuah alat yang dapat memonitor keadaan dalam rumah. Sistem keamanan smarthome ini dirancang dengan menggunakan raspberry pi yang dilengkapi beberapa sensor. Sistem ini dapat membantu manusia untuk mengontrol maupun memantau keadaan dalam rumah cukup melalui perangkat android.

Aplikasi android memiliki fungsi utama untuk melakukan pemantauan melalui fitur camcapture, kemudian melakukan kontrol lampu, kipas, dan mengunci pintu. Aplikasi ini pun dapat menerima notifikasi dari server FCM yang terintegrasi dengan webserver pada raspberry pi ketika pintu rumah terbuka, terdeteksi asap, atau terdeteksi adanya gerakan dalam rumah.

Berdasarkan hasil pengujian blacbox, fungsionalitas aplikasi dapat berjalan dengan baik dengan tingkat keberhasilan 100%. Aplikasi ini juga dapat menerima notifikasi dengan delay 1,2 detik pada jaringan dengan bandwidth 10Mbps(fibre optic), dan 2,8 detik pada jaringan dengan bandwidth 3,37Mbps(4G). Hasil pengujian QoS terhadap respon webserver memiliki delay rata-rata tiap fitur kurang dari 150ms, dan memiliki nilai jitter rata-rata dibawah 75ms. Namun untuk waktu eksekusi fitur CamCapture memiliki delay untuk mendownload gambar dengan delay rata-rata 16,7 detik untuk file gambar berjumlah 30 buah dan 14,07 detik untuk file gambar berjumlah 10 buah dari webserver.  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0