Implementasi Kriptosystem Menggunakan Metode Algoritma Ecc Dengan Fungsi Hash Sha-256 Pada Sistem Ticketing Online

Sarfina Adilah, Rumani Rumani, Marisa W. Paryasto

Abstract

Seiringnya perkembangan zaman, bidang teknologi semakin maju terutama di bidang Komputer. Sudah banyak pengembangan teknologi baru yang bahkan hampir tidak pernah terpikirkan sama sekali. Salah satunya dalam pembelian tiket saat ini pun sudah bisa membelinya secara online. Tetapi siapa yang menduga jika ternyata pembelian tiket secara online rentan pembobolan data terutama di bagian data pemilik User. Adapun solusi untuk mengatasi pembobolan data tersebut sistem seharusnya memakai Kriptografi. Dengan kriptografi pembeli dapat mengirimkan data pembelian secara aman. 

 Pada penelitian tugas akhir ini akan dirancang suatu sistem yang dapat menjaga keamanan pada sistem pembelian tiket online dengan menggunakan Algoritma Kurva Eliptik dan dengan Fungsi Security Hash Algorithm 256 yang dimana dengan cara pengenkripsian dengan public key dan verifikasi dengan fungsi hash. 

 Pada pengujian dan analisis ini memiliki Respond Time dengan rata-rata 203.6 ms dengan ukuran kunci sebesar 512 bits dan Signature Key size dari SHA-256 sebesar 256 bytes. Jenis serangan yang sudah dianalisa ialah Spoofing, Sniffing, dan Man in Middle Attack. Spoofing dapat diatasi dengan penggunaan fungsi enkripsi dan dekripsi pada suatu proses

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0