Perancangan Dan Implementasi Sistem Manajemen Basis Data Pada Kantor Desa Untuk Menunjang Desa Cerdas Berbasis Web

Dea Puspita Dwi Andari, Budhi Irawan, Roswan Latuconsina

Abstract

Data-data yang berada pada desa biasanya masih menggunakan arsip kertas dan terpisah antara satu data dengan data yang lainnya. Contohnya pada data ke pemilikan tanah dan data penduduk berada pada arsip yang berbeda. Dengan sistem manual seperti diatas, seiring berjalannya waktu maka arsip-arsip kertas akan semakin menumpuk dan menimbulkan tidak efisiennya penyimpanan data tersebut.  Selain kendala tersebut, kendala yang lainnya adalah minimnya informasi yang diketahui oleh warga Desa Cinunuk tentang pelayanan desa dan informasiinformasi apa saja yang ada di Desa Cinunuk.

Dengan adanya permasalahan diatas, maka Kantor Desa  membutuhkan sebuah sistem manajemen data berbasis web. Pada sistem manajemen data Desa Cinunuk, semua data yang ada pada Desa Cinunuk akan terintegrasi. Contohnya adalah data kematian dan kelahiran yang sangat erat kaitannya dengan data kependudukan. Dan sistem manajemen data berbasis web ini akan memudahkan warga desa dalam mencari informasi. Metode yang digunakan untuk membuat sistem manajemen data adalah dibuatnya basis data menggunakan MYSQL untuk mengintegrasikan data-data yang ada pada Desa Cinunuk, dan untuk membangun sebuah website menggunakan metode PHP.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian kuisioner bahwa sistem yang dibangun akan mempermudah warga Desa Cinunuk untuk mendapatkan informasi terkait dengan Desa Cinunuk dan data-data yang ada pada sistem ini terintegrasi sehingga tidak ada data yang terduplikasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0