Analisis Performansi Load Balancing Dengan Algoritma Weighted Round Robin Pada Software Define Network (sdn)

Faris Putra Perdana, Budhi Irawan, Roswan Latuconsina

Abstract

Dewasa ini pengguna internet semakin meningkat seiring dengan kebutuhan masyarakat. Peningkatan ini mengakibatkan tingginya pengguna dan membuat beban kerja sebuah server kian bertambah. Di sisi lain, masyarakat menginginkan kecepatan akses yang maksimal. Software Defined Network (SDN) adalah sebuah pendekatan baru untuk merancang, membangun dan mengelola jaringan komputer dengan memisahkan control plane dan data plane. Konsep utama pada SDN adalah sentralisasi jaringan, di mana semua pengaturan berada pada control plane. Protokol yang paling menonjol pada SDN yaitu OpenFlow. OpenFlow adalah protokol/standar komunikasi antarmuka yang berada antara control dan forwarding layer. 

Pada penelitian ini digunakan suatu teknik Load Balancing untuk meningkatan performansi server. Teknik Load Balancing yang di implementasikan adalah berbasis pada algoritma Weighted Round Robin dengan pengaplikasian teknik Load Balancing ini diharapkan request client dapat terdistribusi secara merata ke setiap server.

Untuk kebutuhan ini dilakukan sebuah simulasi jaringan virtual berbasis SDN, menggunakan tool/aplikasi Mininet. Simulasi dilaksanakan dengan memvariasikan jumlah client, jumlah server dan bobot server. Dengan pengujian dengan parameter Cpu Utilization mendapatkan hasil semakin besar jumlah bobot pada server maka semakin besar pula Cpu Utilization. Kemudian pada pengujian Response Time mendapatkan hasil semakin besar besar jumlah bobot pada server maka nilai Response Time semakin besar.  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0