Implementasi Dan Analisis Perbandingan Performansi Voip Server Pada Vps Berbasis Openvz Dan Cloud Computing

Bahtiar Widayanto, Rendy Munadi, Ratna Mayasari

Abstract

Abstrak

Virtualisasi adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita tidak melihat secara nyata spesifikasi yang ada didalamnya seperti sistem operasi, storage data, memori dan bahkan bandwidth. Virtualisasi menjadi teknologi yang dapat mendasari munculnya teknologi baru. Teknologi tersebut adalah teknologi cloud computing dan VPS. Cloud computing menjadi trend teknologi masa kini sehingga banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini dengan menawarkan layanan dimana sumber daya komputasi yang meliputi software, infrastruktur, maupun platform divirtualisasikan dan dapat diakses sebagai wujud layanan di internet. Dalam konteks yang sama, teknologi virtualisasi VPS juga menawarkan fleksibilitas yang akan mendukung pula mobilitas pengguna.

Dengan menggunakan Proxmox VE sebagai mesin virtualisasi, dalam tugas akhir ini diimpelementasikan dan dianalisis performansi VoIP server dengan teknologi cloud computing dan VPS berbasis openVZ. Dalam hal ini penulis menggunakan asterisk 11 sebagai VoIP server yang akan diimplementasikan untuk membangun layanan VoIP kepada pelanggan.

Berdasar hasil pengukuran performansi cloud computing, menunjukkan bahwa CPU usage dari master slave hanya mencapai 0.55 % dan saat idle kondisi Node mencapai 15-16 %. Pada pengukuran QoS diperoleh bahwa delay pada instance cloud computing menujukkan 58.57 ms sedangkan pada delay pada VPS 57.67 ms. Sedangkan performansi MIPS berpengaruh pada kehandalan server dalam menangani jumlah panggilan simultan. Dalam hal ini MIPS VPS lebih kecil dari cloud dan dedicated. Jumlah panggilan sukses tertinggi berada pada dedicated server.

Kata Kunci : VPS, OpenVZ, cloud computing, VoIP, Asterisk

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0