Analisis Dan Implementasi Algoritma Naive Bayes Classifier Terhadap Judul Berita Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 Pada Media Online

Resky Nadia, Kemas Muslim, Fhira Nhita

Abstract

Berita mengenai pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 akan menjadi bahasan penting untuk dianalisis kebenarannya, dikarenakan banyaknya media online yang dalam penyebaran judul beritanya cenderung menampilkan kalimat yang mempengaruhi mindset pembacanya hanya dengan sekali lihat. Adanya judul berita yang bersifat positif ,negative atau netral. Hal tersebut dikhawatirkan dapat mengubah cara pandang masyarkat terkait suatu hal yang sebenarnya belum sesuai dengan judul yang tertera dan menarik perhatian masyarakat umum maka dari itu diperlukan klasifikasi.

 

Makalah ini memaparkan sebuah hasil analisis dan klasifikasi yang terbagi menjadi tiga kelas yaitu positif negative dan netral, dengan step awal yaitu dengan melakukan survey kepada 5 orang untuk pemberian kelas terhadapt 5 media online yaitu Kompas.com, Detik.com, Liputan6.scom, Tribunnews.com dan Republikaonline.com. selanjutnya akan dilakukan klasifikasi menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier dan akan menghasilkan sebuah akurasi dari setiap kelas dengan menganalisis 3 skenario.

Dengan menggunakan Algoritma Naive Bayes maka didapatkan hasil klasifikasi dengan akurasi masing masing

 

Detik.com dengan akurasi makro 78% dan mikro 80%, Kompas.com 48% dan48%, Liputan6.com 65% dan 65%, Tribunnews.com 65% dan 65% serta Republikaonline.com 77% dan 77%.

 

Kata kunci : Kata Kunci : Naïve Bayes, Media Online, Pilgub Jawa Barat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0