Pengembangan Motif Jenis Karang Acropora Echinata pada Aplikasi Batik Berbasis Web

Naufira Septriyanti, Khairunnisa Br Ginting, Purba Daru Kusuma, Andrew Brian Osmond

Abstract

Abstraksi

Salah satu warisan budaya yang dimiliki oleh indonesia adalah batik. Dimana kita harus melestarikan dan dibudidayakan dengan cara mengembangkan pola pola baru agar batik berkembang disetiap generasi selanjutnya. Dan salah satu pola yang akan digunakan adalah terumbu karang. Selain batik ciri khas indonesia, terumbu karang pun adalah salah satu keindahan alam yang ada di indonesia.

 

Pada penelitian ini, akan dirancang suatu model untuk aplikasi pengembangan motif batik berbasis web dengan menggunakan metode L-Systems dalam pembuatan aplikasi tersebut. Tujuan dari pnelitian ini adalah membuat motif karang berdasarkan karang jenis karang Acropora Echinata. Desain batik dibuat dengan kumpulan-kumpulan operasi matematika yang dibuat dalam bahasa pemogaramn PHP dimana hasilnya desain bisa dilihat dari browser web.

Pada pembuatan motif karang terdapat beberapa operasi matematika dan setiap operasi memiliki fungsinya sendiri. Setiap operasi memiliki variable yang memiliki peranannya masing-masing dalam membangun desain motif batik, selain itu L-Systems juga digunakan sebagai metode pengembangan desain motif batik ini. Hasil dari pengujian melalui survei pun menunjukan bahwa 83% menyatakan sudah bagus dalam mengembangkan desain batik dan 17% menyatakan cukup bagus dan perlu dikembangkan lagi dalam desain batik.

 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0