Deteksi Asap Pada Video Menggunakan Lbp – Top

1Faizal Bima Prayudha, Febryanti Sthevanie, Anditya Arifiyanto

Abstract

Deteksi asap pada video memiliki kemajuan yang pesat dengan didukung metode metode yang telah dikembangkan serta kinerja komputer yang semakin mutakhir performansinya. Video asap itu sendiri susah dikenali bahkan oleh mata kita sendiri karena asap mudah terbawa oleh angin. Hingga saat ini pendeteksian asap menggunakan sensor alat lebih banyak diaplikasikan, namun deteksi asap menggunakan sensor lebih lama dalam mendeteksi asap dibandingkan deteksi asap pada video di ruangan terbuka.

LBP – TOP adalah metode ekstraksti tekstur. LBP – TOP mengekstraksi tekstur berbasis 3 Dimensi yang diambil dari objek bergerak hasil dari Three-Frame Differencing. Objek bergerak akan diekstraksi teksturnya menggunakan LBP-TOP dan diambil 4 fitur menggunakan color moment menjadi vektor 4 dimensi yang akan diklasifikasi menggunakan K-Nearest Neighbor.

Pada tugas akhir ini telah di buat sistem deteksi asap pada video menggunakan LBP-TOP. Parameter yang tepat pada sistem untuk sistem deteksi asap pada video menggunakan pengujian serial adalah threshold 7 dan rentang waktu 10 pada pada Three-Frame Differencing , neighborhood 2 dan rentang waktu 20 pada LBP – TOP, nilai K 9 pada KNN dengan akurasi pada level frame sebesar 82.5%. dan level boxing 52%. Kata Kunci : LBP – TOP , subblok , Three-Frame Differencing , Histogram , K –Nearest Neighbor ,plane .

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0