Implementasi Pendekatan Cost-value Dengan Majority Voting Goal Based Technique (mvgb) Untuk Penentuan Prioritas Kebutuhan

Mohd. Fauzy, Sri widowati, Indra Lukmana Sardi

Abstract

Saat ini, perusahaan yang sukses adalah perusahan yang mampu mengembangkan, merancang dan menghasilkan produk yang disukai pasar dibandingkan dengan yang ditawarkan oleh pesaing. Karena hal itu, Banyak sekali masalah yang dihadapi ketika memilih kebutuhan yang tepat diantara banyaknya persyaratan yang diinginkan stakeholder . Maka, dibutuhkan suatu pendekatan dan metode yang dapat memprioritaskan calon kebutuhan perangkat lunak yang dapat memuaskan para stakeholder serta mampu menangani kendala waktu dan sumber daya dalam proses pengembangan perangkat lunak.

 

Pendekatan Cost-Value memprioritaskan persyaratan yang sesuai berdasarkan Value dan Cost sehingga menager perangkat lunak dapat membuat keputusan berdasarkan nilai yang terbaik tetapi juga mengeluarkan biaya yang terendah. Metode Majority Voting Goal Base technique (MVGB) berfokus pada tujuan spesifik dan persyaratan pemangku kepentingan dikarenakan para pemangku kepentingan memiliki peran penting dalam menerima hasil pengujian. Metode MVGB akan membantu pada proses pendekatan cost-value untuk menentukan prioritas kebutuhan yang lebih baik.

 

Pada tugas akhir ini, di implementasikan pendekatan cost-value dengan metode MVGB untuk menentukan prioritas kebutuhan. Studi kasus yang digunakan yaitu suatu aplikasi Point of Sales yang bernama Antelopos. Tujuan tugas akhir ini adalah memfasilitasi setiap stakeholder dan develeoper dalam menentukan kebutuhan yang harus dilakukan serta mengevaluasi hasil yang didapatkan berdasarkan pendekatan cost-value dengan metode MVGB dalam menentukan prioritas kebutuhan.

 

Hasil yang didapatkan yaitu faktor scalability dapat dilakukan pada Pendekatan cost-value dengan metode MVGB serta pendekatan cost-value dengan metode MVGB pada prioritas kebutuhan memberikan hasil yang lebih penting dan lebih murah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0