Implementasi Algoritma Pendeteksi Api Berdasar Komposisi Warna Citra Digital Pada Quadcopter Yang Bergerak Otomatis

M. Fadhil Abdullah, Inung Wijayanto, Angga Rusdinar

Abstract

Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) pada tahun 2015 mengusung tema “Menuju Kemandirian Teknologi Wahana Terbang Tanpa Awakâ€. Maka, pada tahun 2015, dilombakan beberapa kategori lomba baru, salah satu diantaranya ialah wahana Vertical Take-off Landing (VTOL) yang dapat mendeteksi dan memadamkan api dengan atau tanpa air secara otomatis. Tapi untuk mendapatkan akurasi yang baik tentu dibutuhkan kamera thermal yang harganya sangat mahal. Kemudian, sensor termal efektif tetapi hanya mampu mendeteksi pada ketinggian dan jarak tertentu.

Pada tugas akhir ini, akan diimplementasikan algoritma pendeteksi api berdasar komposisi warnanya pada sebuah Quadcopter yang dapat terbang secara otomatis. menggunakan kamera webcam dan sebuah mikrokomputer tambahan, khusus untuk memproses pendeteksian api yang dapat terintegrasi dengan flight controller.

Dalam Tugas Akhir ini berharap agar implementasi pendeteksi pada Quadcopter berdasar komposisi warnanya dapat menghasilkan harga yang lebih murah dengan kualitas deteksi yang baik. Selain itu, penulis berharap jarak untuk dapat mendeteksi bisa menjadi lebih jauh dan tinggi sehingga dapat diimplementasikan juga pada sebuah pesawat tanpa awak. Serta penulis berharap, Quadcopter ini dapat direalisasikan dalam keadaan riil seperti kasus kebakaran hutan.

Kata Kunci: Quadcopter, Api, Deteksi, Otomatis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0