Analisis Dan Perencanaan Indoor Building Solution (ibs) Pada Jaringan Lte Di Gedung Marbella Suites Hotel

Ray Putra Tarigan, Arfianto Fahmi, anah Putri

Abstract

Berdasarkan hasil pengukuran di salah satu lantai yaitu lantai 9, diperoleh RSRP di hotel tersebut kondisi paling buruk bernilai -93.44 dBm dengan parameter RSRQ bernilai -30 dB dengan hasil pengukuran throughput uplink 32 Kbps dan downlink 56 Kbps pada jaringan LTE.

 

Berdasarkan kendala diatas maka dilakukan treatment untuk memperbaiki kondisi tersebut maka perlu dilakukan indoor building solution. Dalam hal ini ditawarkan 3 solusi yang dapat dilakukan yaitu upgrade carrier module, penambahan repeater, dan perencanaan IBC. Untuk metode upgrade carrier module dilakukan dengan mengubah carrier pada engpar menjadi lebih besar, sehingga diperoleh adanya peningkatan parameter RF. Sedangkan untuk penambahan repeater dan perencanaan IBC perlu dilakukan dimensioning secara kapasitas dan cakupan untuk menentukan jumlah FAP, disimulasikan berdasarkan jumlah antena, kemudian diperoleh parameter RF berupa RSL dan SIR berdasarkan metode penambahan repeater dan perencanaan IBC.

 

Kemudian diperoleh hasil pada metode upgrade carrier module menjadi 15 MHz dengan throughput 36.568 Mbps dan mean RSL -85.5 dBm. Untuk metode penambahan repeater pada lantai 1 diperoleh kebutuhan antena 7 FAP dengan nilai mean RSL -30.875 dBm dan mean SIR 8.91 dB. Sedangkan untuk metode perencanaan IBC pada lantai 1 diperoleh kebutuhan antena 5 FAP dengan nilai mean RSL -33.16 dBm dan mean SIR 10.33 dB.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0