Analisis Karakteristik Hybrid Optical Amplifier (fiber Raman Amplifier - Erbium Doped Fiber Amplifier) Dengan Konfigurasi Parallel In-line Pada Sistem Long Haul Ultra-dense Wavelength Division Multiplexing

Tiara Fadila, Akhmad Hambali, Brian Pamukti

Abstract

Sistem komunikasi optik berkembang dengan pesat pada masa sekarang ini, sehingga kebutuhan bandwidth aplikasi broadband meningkat. Sistem berbasis WDM digunakan untuk memanfaatkan bandwidth secara efisien. Penggunaan Hybrid Optical Amplifier (HOA) diusulkan untuk mengoptimalkan penerapan sistem berbasis WDM dalam memenuhi kebutuhan gain bandwidth yang lebar serta gain flatness, sehingga mampu menangani jaringan dengan beban yang besar pada jarak yang jauh.

 

HOA FRA-EDFA merupakan kombinasi penguat hybrid yang mampu memberikan gain dengan bandwidth yang lebar dengan memanfaatkan kelebihan karakteristik dari masing-masing penguat dan menutupi kerugian yang ada. Dari hasil simulasi, konfigurasi penguat hybrid tersebut mampu memberikan performansi yang lebih baik jika dibandingkan dengan penggunaan satu penguat (FRA atau EDFA). Dengan optimasi Gain Flattening Filter, konfigurasi penguat hybrid FRA-EDFA parallel in-line, memberikan gain flatness dengan nilai rata-rata sebesar 28.94 dB dan bandwidth gain sebesar 96 nm pada rentang panjang gelombang 1529.5 – 1625.5 nm. Hasil simulasi uji performansi penguat hybrid dengan konfigurasi ini pada sistem long haul U-DWDM dapat memberikan performansi yang baik dengan jarak maksimal 210 km. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Q factor terendah pada jarak tersebut sebesar 6.10417 dan BER 5.08E-10 pada kanal ke-70 dari 80 kanal yang digunakan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0