Analisis Performansi Protokol Routing Aodv Dan Fsr Pada Vanet (studi Kasus: Skenario Jalan Raya)

Goklas Giovanni Sitompul, Ridha Muldina Negara, Danu Dwi Sanjoyo

Abstract

VANET merupakan pengembangan dari jaringan MANET (Mobile Ad-hoc Network), namun dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Jaringan VANET memungkinkan kendaraan-kendaraan di jalan dapat berkomunikasi secara langsung dengan kendaraan lainnya dalam keadaan bergerak dan tanpa menggunakan infrastruktur yang tetap. Jaringan VANET diharapkan dapat meningkatkan tingkat keamanan berkendara dan mengurangi angka kecelakaan berkendara. Namun, VANET memiliki karakteristik jaringan dimana node-node jaringan tersebut bergerak dengan sangat cepat.

 

Tugas Akhir ini bertujuan menganalisis performansi dua protokol berbasis topologi: Ad-hoc On-demand Distance Vector (AODV) dan Fisheye State Routing (FSR) pada VANET dengan studi kasus skenario jalan raya. Kedua protokol tersebut disimulasikan menggunakan Network Simulator 2 (NS-2) dengan skenario kecepatan dan kepadatan node. Kedua protokol tersebut dibandingkan dan ditinjau dari parameter packet delivery ratio, throughput, end-to-end delay, dan routing overhead.

 

Dari tugas akhir ini diperoleh hasil bahwa kedua protokol memiliki keunggulan masing-masing. AODV unggul pada parameter packet delivery ratio dan throughput dengan rata-rata nilai 92.53% dan 7 kbps, sementara FSR 37.08% dan 2.99 kbps. Sementara FSR unggul pada parameter end-to-end delay dan routing overhead dengan nilai rata-rata 253.48 ms dan 33.89, sementara AODV 475.62 ms dan 91.15.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0