Antena Mikrostrip Array 1×4 Inset-fed Patch Persegi Untuk Wifi 2,4 Ghz Access Point

Authors

  • Pandu Andika Darmawan Telkom University
  • Levy Olivia Nur Telkom University
  • Heroe Wijanto Telkom University

Abstract

WiFi adalah salah satu jenis jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai alat atau media transmisi data. Salah satu perangkat penunjang WiFi adalah access point. Antena yang dipakai di access point diharuskan memiliki nilai gain > 5 dBi agar mampu memaksimalkan area pancar. Agar dapat menjangkau area yang luas dan melayani banyak user. Selain itu antena yang digunakan harus sesuai dengan dimensi access point.

Antena yang dirancang berupa antena mikrostrip yang mudah difabrikasi dan dengan dimensi  minimum. Antena mikrostrip juga dipilih karena mudahnya menyesuaikan dengan dimensi dan  ukurannya yang ringan. Metode inset-fed dipilih untuk meningkatkan nilai return loss dan mempermudah dalam pengaturan bandwidth. Metode array 1x4 dipilih untuk meningkatkan nilai gain.

Pada Tugas Akhir ini, didapatkan nilai pada simulasi return loss di -29 dB di 2,4 GHz, gain 7,38 dBi dengan lebar bandwidth 100 MHz pada rentang frekuensi 2,350 – 2,450 GHz. Pada pengukuran hasil realisasi didapatkan return loss -28,46 dB, gain 8,64 dBi dengan lebar bandwidth 108 MHz pada rentang frekuensi 2,351 – 2,458 GHz. Ini membuktikan dengan menggunkan inset-fed dan array mampu meningkatkan gain dan return loss.

Downloads

Published

2018-04-01

Issue

Section

Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi