Antena Mikrostrip Fraktal Koch Untuk Penerima Televisi Digital (478-694 Mhz)

Sulma Agida Yusfandini, Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu

Abstract

Sesuai dengan rekomendasi KOMINFO, penyiaran analog akan mengalami migrasi ke penyiaran digital pada tahun 2018. Untuk mendukung perubahan tersebut diperlukan antena penerima handal yang dapat beroperasi pada UHF Band untuk televisi digital. Salah satu jenis antena yang dapat memenuhi adalah antena mikrostrip fraktal koch.

 

Pada tugas akhir ini dirancang antena mikrostrip fraktal koch iterasi dua dengan teknik slot pada groundplane untuk televisi digital yang dapat bekerja sesuai dengan alokasi frekuensi televisi digital di Indonesia yaitu 478-694 MHz. Pencatuan yang dipakai adalah mikrostrip line dengan menggunakan bahan FR4-epoxy dengan konstanta dielektrik 4,3. Antena mikrostrip ini memiliki dimensi yang cukup kecil sehingga dapat diaplikasikan di indoor. Fraktal koch iterasi 2 dipilih karena frekuensi kerja yang dihasilkan sesuai untuk diaplikasikan pada televisi digital serta parameter yang lainnya seperti vswr, bandwidth, return loss yang cukup baik. Perancangan dan simulasi menggunakan software CST Studio Suite 2016.

 

Berdasar simulasi dan analisis yang telah dilakukan menunjukan bahwa fraktal koch yang dimodifikasi menjadi slot groundplane dapat menghasilkan VSWR ≤1,796, gain 3,29 dBi, Return loss ≤ - 10,909 dB, bandwidth 265,5 MHz serta memiliki polarisasi ellips dan pola radiasi bidireksional. Kata Kunci: televisi digital, fraktal koch, mikrostrip

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0