Antena Tekstil Segi Empat Dan Artificial Magnetic Conductor Pada Frekuensi 2,45 Ghz Untuk Aplikasi Kesehatan

Adha Suhariyono, Trasma Yunita, Levy Nur Olivia

Abstract

Telemedicine adalah aplikasi pengobatan klin is yang memanfaatkan telepon, internet, dan jaringan ko munikasi lain untuk memberikan informasi medis. Seh ingga dengan informasi med is tersebut, dapat digunakan untuk konsultasi kesehatan, dan juga dapat digunakan untuk pros edur medis. Oleh karena itu untuk menyediakan layanan tersebut diperlukan sebuah trasmisi yang memiliki kemampuan seperti, transfer rate yang baik dan memiliki flexib ilitas yang tinggi. Dengan kemunculan teknologi tekstile wearable antenna, memungkinkan pembuatan antena dari bahan tekstil sehingga nyaman, dan fleksibel untuk digunakan dalam ap likasi telemedice.

 

Sehingga dalam tugas akhir ini dirancang sebuah antena tekstil wearable patch rektangular pada frekuensi 2,45 GHz yang menggunakan bahan 3 lapis cordura fabric sebagai substrat dan untuk perancangan patch dan groundplane menggunakan bahan copper tape. Dimana untuk teknik pencatuannya mengunakan metode strip line, dan untuk tahap optimasi juga ditambahkan metode inset feed yang bertujuan untuk meningkatkan bandwith, dan meningkatkan nilai VSW R.

 

Dari hasil pengukuran antena didapatkan hasil VSWR < 1,6 pada frekuensi 2,45 GHz dan bandwidth > 50 M Hz. Gain antena antena saat kondisi off body berada di 9,08 dB dan gain antena saat on body didapatkan sebesar 9,18 M Hz. Pola radiasi antena saat off body menjadi bidirectional dan polarisasi elips. Penyerapan medan elektro magnetik (SAR) saat antena didekatkan dengan tubuh adalah 1,057 W/Kg tetapi dengan sarat jarak antara antena dengan tubuh adalah 2 cm. Untuk mengurangi efek radiasi di tambahkan AMC yang berfungsi juga sebagai reflektor. Ukuran dimensi antena didapatkan melalui perh itungan teori yang kemudian d isimulasikan dengan menggunkan sofware simulasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0