Desain Dan Implementasi Detektor Kebakaran Rumah Berbasis Lokasi Dengan Menggunakan Wireless Sensor Network

Intan Laily Muflikhah, Rendy Munadi, Gustommy Bisono

Abstract

Pada dasarnya api merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia, namun tidak dapat dipungkiri bahwa api juga memiliki dampak negatif yang sangat luar biasa jika tidak digunakan dengan bijak, salah satunya adalah kebakaran rumah. Penyebab yang sering terjadi adalah karena kebocoran gas, hubungan arus pendek listrik, dan sebagainya. Biasanya kebakaran rumah yang terjadi terlambat untuk diketahui dan menyebar dengan cepat.

 

Pemanfaatan WSN (Wireless Sensor Network) digunakan untuk mencegah kebakaran rumah yang dipasang di beberapa titik. Dengan penggunaan node sensor, koordinator, dan pemanfaatan aplikasi android bisa mengatasi permasalahan kebakaran rumah. Dengan memanfaatkan sensor asap dan api yang memperlihatkan indikasi munculnya gas dan api dengan home automation. Dan penempatan GPS modul diperlukan untuk penentuan lokasi terjadinya kebakaran, sehingga lokasi kebakaran dapat dikirimkan ke pemadam dengan cepat. Dengan alat ini, kita dapat mengetahui dengan pasti keadaan rumah apakah aman atau tidak dari bahaya kebakaran.

 

Hasil Pengujian yang didapatkan adalah jangkauan maksimum NRF24L01 sebesar 95 meter pada keadaan LOS (Line Of Sight). Jarak jangkauan NRF24L01 juga dapat mempengaruhi besar delay dan throughput dalam proses pengiriman datanya. Nilai realibilitas dan availabilitas yang didapatkan sebesar 99,69% dan 99,7%.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
max_upload :0